Memperbaiki Error Instalasi Moodle

Pengantar

Sebelumnya telah dijelaskan tentang bagaiaman cara menginstall Moodle pada pada komputer lokal (localhost). Kemudian kami mendapatkan beberapa feedback tentang ada beberapa yang gagal pada saat proses instalasi moodle, sehingga perlu diberikan tutorial untuk mengatasi error instalasi moodle. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, moodle memang membutuhkan spesifikasi khusus untuk bisa berjalan dengan baik pada mesin kita. Hal tersebut terkadang menyusahkan bagi beberapa orang yang belum terbiasa mengelola server.

Masalah yang sering muncul biasanya berhubungan dengan kompetabilitas versi PHP, MySQL serta versi Moodle-nya. Moodle sendiri relatif sering diupdate, begitupun dengan PHP, sering juga diupdate. Sehingga kita perlu secara berkelanjutan melakukan penyesuaian terhadap aplikasi moodle yang kita install.

PHP merupakan bahasa pemrograman yang terdiri dari beberapa modul atau fungsi. Modul atau fungsi tersebut biasanya dikelola pada berkas php.ini. Sayangnya, php biasanya menonaktifkan atau mengaktifkan modul tersebut dengan cara yang tidak konsisten. Misalkan, pada versi PHP 7 suatu modul secara default statusnya aktif, namun pada versi 8 modul tersebut secara default tidak aktif. Nah, ketidak konsistenan tersebutlah yang membuat kita harus mengatur ulang modul-modul yang aktif.

Hal yang harus disiapkan

Pada tutorial kali ini, dikarenakan kita akan sedikit menyinggung hal yang teknis, maka mohon untuk menyiapkan alat-nya terlebih dahulu. Aplikasi yang harus disiapkan sebetulnya cukup aplikasi notepad saja. Iya, betul, notepad yang secara default sudah terinstall di Sistem Operasi Windows.

Namun demikian, untuk proses yang lebih mudah, Anda dianjurkan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tapi hal ini sifatnya anjuran ya, artinya tidak menggunakan aplikasi itupun tidak masalah. Aplikasi pihak ketiga yang bisa anda gunakan Adalah notepad++, atom, sublime, visual studio code, atau aplikasi kode editor lainnya. Pada intinya aplikasi yang anda butuhkan adalah aplikasi kode editor. Dengan aplikasi tersebut proses pengeditan akan lebih mudah, karena setiap baris kode program akan diberi no barisnya. Kemudian kita juga akan disuguhkan oleh perbedaan warna pada tampilan teks, sehingga kita tahu mana teks yang sudah dikomen, mana yang belum.

Pada tutorial kali ini, proses pengeditan file php.ini akan menggunakan aplikasi Notepad++ yang bisa Anda download sini. Namun demikian, sekali lagi ini hanya opsional aja, Anda masih bisa melakukan pengeditan menggunakan aplikasi Notepad biasa.

Lokasi php.in

Pada komputer lokal yang terinstall xampp, seperti pada tutorial sebelumnya lokasi file php.ini bisa anda temukan pada folder c:/xampp/php/php.ini. Jika Anda menginstall bukan pada driver C, silakan sesuaikan path Anda. Untuk lebih jelasnya silakan lihat pada gambar dibawah. Patikan Anda memilih berkas dengan jenis file pengaturan konfigurasi, bukan aplikasi.

Posisi php.ini untuk memperbaiki error instalasi moodle

Mengedit file php.ini

Untuk melakukan pengeditan file php.ini, silakan Anda langsung edit saja, carainya klik kapan pada file tersebut kemudian pilih edit with notepad++. Lihat gambar dibawah

Jika Anda mengedit dengan menggunakan aplikasi Notepad bawaan, maka cukup pilih menu edit.

Sturktur Kode Program PHP.ini

Sebagaimana dijelaskan pada paragraf sebelumnya, file ini memiliki fungsi untuk melakukan konfigurasi terhadap fungsi,modul dan juga behaviour (perilaku) dari instalasi php yang kita miliki. PHP.ini ditulis dengan ketentuan, jika didepan teks-nya ditulis titik koma (;) maka fungsi terebut akan di disable. Selain itu, untuk mengatur nilai dari konfigurasi yang ada kita bisa menggunakan perintah sama dengan (=). Contoh script dari php.ini bisa Anda lihat pada kode program dibawah

expose_php=On

Pada petikan kode program diatas dapat diartikan bahwa konfigurasi php kita mengaktifkan fitur “expose_php” karena tidak ada titik koma (;) didepannya, dan memberikan nilai terhadap fungsi tersebut dengan nilai “On”.

Sehingga jika kita menginginkan agar php kita menonaktifkan fungsi tersebut maka tinggal menambahkan titik koma didepan teksnya. Silakan lihat potongan kode program dibawah, sebagai contoh untuk non aktifkan fungsi

;expose_php=On

Perhatian!

Setelah melakukan proses editing terhadap file php.ini, Anda perlu menyimpan perubahan file tersebut dan merestart xampp.

Error Pada INTL

Error instalasi moodle pada INTL

Error “intl extension is required to improve internationalization support, such as locale aware sorting and international domain names” muncul ketika kita tidak mengaktifkan modul intl. Modul intl sendiri merupakan ekstensi yang dimiliki oleh PHP untuk memudahkan programmer dalam mendukung internasionalisasi kode programnya. Contohnya, kita tahu bahwa format penanggalan di setiap negara itu beda-beda, misalkan di indonesia kita kenal dengan format tanggal – bulan – tahun, sedangkan di Amerika dimulai dengan Tahun, bulan, baru kemudian tanggal. Nah dengan modul tersebut maka kode program PHP bisa secara otomatis menyesuaikan penanggalan.

Untuk melakukan perbaikan terhadap masalah tersebut, silakan bukan edit file php.ini, kemudian aktifkan modul intl dengan menghilangkan titik koma didepan-nya. Perhatikan gambar dibawah

Setelah selesai diedit, kemudian simpan dan jangan lupa untuk jalankan ulang xampp-nya.

Error pada GD

Erorr Instalasi Moodle pada GD

Jika anda menemukan error dengan tulisan “The GD Extension is now required by Moodle for image conversion” itu artinya Anda perlu mengaktifkan modul tersebut di php.ini. GD sendiri digunakan oleh moodle untuk melakukan modifikasi pada gambar. Modifikasi disini bukan seperti melakukan proses editing di photoshop ya, tapi lebih pada fungsi-fungsi standar editing seperti mengubah resolusi gambar.

Untuk memperbaikin error ini silakan melakukan edit terhadap file php.ini Anda. Cari extension gd2, kemudian aktifkan. Lihat pada gambar dibawah

Error pada max_input_vars

Sebetulnya error ini terjadi ketika Anda menggunakan PHP versi 8 saja, jika Anda menggunakan PHP versi 7.4.25, hal tersebut tidak muncul. Untuk menyelesaikan masalah tersebut langkah yang diperlukan sama dengan langkah yang lainnya, yaitu melakukan perubahan pada php.ini. Silakan edit file php.ini, kemudian tingkatkan nilainya menjadi 6000. Lihat tampilan pada gambar berikut

Penutup

Demikian tutorial untuk melakukan perbaikan terhadap beberapa error instalsi moodle. Sebetulnya sering ditemukan juga kasus-kasus lainnya pada saat instalasi moodle, namun biasanya memiliki penyelesain yang sama, yaitu dengan melakukan perubahan pada php.ini

Tentang Prilude Academy

Prilude Academy merupakan lembaga kursus yang saat ini dipriortaskan untuk kursus programming. Lembaga kursus ini tersedia untuk Siswa, Mahasiswa, maupun profesional yang ada di Kota Tasikmalaya. Tutorial ini merupakan bagian dari kursus gratis yang disediakan oleh Prilude Academy. Untuk daftar kursus yang tersedia, Anda bisa mengakses pada halaman kursus di menu atas website. Untuk daftar tutorial gratis lainnya, silakan klik menu Tutorial Gratis pada bagian footer.

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these

Segera dibuka kelas baru tanggal 11 Desember 2021

X
Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hi, selamat datang di Prilude Academy. Ada yang bisa kami bantu?

Kami siap membantu Anda pada jam kerja :)