Membuat dan Membaca Form di PHP

Pengantar

Salah satu dasar dari konsep komputer adalah input, proses dan output. Hal dasar tersebut diterapkan pada berbagai proses komputasi, salah satunya pada bahasa pemrograman PHP. Bahasa PHP yang biasa kita gunakan pada website memiliki prosedur tersendiri untuk membaca masukan (input). Hal paling umum dilakukan oleh PHP untuk membaca masukan adalah dengan menggunakan form. Kenapa form menjadi salah satu cara mengirim masukan, karena ada cara lain untuk mengirim masukan, misalnya dengan langsung mengirim parameter melalui postman.

Pada tutorial kali ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara membuat form, memproses form dan menampilkan hasil pengolahan dari sebuah form.

Prasyarat

Untuk bisa mengikuti tutorial ini Anda wajib:

  1. Telah menginstall Xampp di komputer Anda, jika belum silakan lihat tutorial berikut
  2. Anda telah menginstall kode editor pada komputer Anda. Jika belum silakan download notepad++,atom, sublime, atau visual studio code tergantung selera Anda.
  3. Anda telah paham bahwa seluruh script php harus disimpan di folder xampp/htdocs

Mengenal Konsep Form

Form atau formulir merupakan media yang digunakan oleh komputer untuk bisa berinteraksi dengan manusia. Media ini menyajikan interface (antarmuka) yang nyaman agar manusia (pengguna) bisa memasukan nilai pada aplikasi. Form bukan hanya milik PHP, melainkan milik hampir semua alat pemrograman visual. Anda bisa menemukan form pada aplikasi Android, iOS, hingga aplikasi untuk desktop.

Pada PHP, form secara visual disediakan oleh HTML, hal tersebut dikarenakn PHP sendiri tidak memiliki library untuk membuat form. Dengan demikian, untuk bisa menggunakan inputan pada PHP kita wajib paham tentang cara membuat form di HTML.

Form di PHP memiliki kemampuan untuk mengirim data ke server. Perlu diingat bahwa pemrograman PHP merupakan pemrograman client server, yang artinya adalah kompiler PHP bukan berjalan di sisi client (web browser), melainkan di sisi server. Oleh karena itu, ketika kita akan menggunakan konsep form di HTML maka kita tahu bahwa data yang dikirim dari form sesungguhnya dikirim ke server dulu, sebelum diproses. Konsep tersebut perlu selalu Anda ingat sebelum bisa menggunakan form di PHP secara baik.

Sebelum bisa memproses form dengan baik, silakan untuk mepelajari terlebih dahulu hal-hal berikut

1. Tag untuk membuat form

Untuk menyusun sebuah form kita bisa menggunakan tag <form>, silakna perhatikan potongan kode program dibawah ini

<form action="" method="">
</form>

Seperti yang bisa dilihat pada potongan kode program diatas, tag form memiliki dua atribut wajib, kedua atribut tersebut adalah action dan juga method. Atribut action memiliki fungsi untuk menentukan file php apa yang akan digunakan untuk memproses masukan. Sedangkan atribut method, digunakan untuk mendefenisikan metode apa yang digunakan untuk mengirim data masukan. Ada dua metode utama yang biasa digunakan, pertama adalah method POST dan kedua adalah method GET.

2. Mengisi atribut action

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, action berfungsi untuk menentukan file php apa yang ditugaskan untuk memproses masukan. Anda bisa menuliskan path slash file php yang akan digunakan untuk memproses data. Jika Anda menginginkan data untuk diproses oleh file php itu sendiri, maka Anda bisa mengosongkan atribut action. Sehingga jika dijabarkan akan seperti ini

action="nama_folder/nama_file.php"

Action seperti pada potongan kode program diatas digunakan ketika file php yang akan memproses masukan berada pada sebuah folder yang menjadi sub folder dari file php yang diakses oleh browser. Sedangkan jika Anda menginginkan file PHP yang bertugas untuk mengeksekusi nya berada pada folder yang sama, maka Anda langsung menuliskan file php tersebut. Perhatikan potongan kode program dibawah

action="nama_file.php"

Ada satu lagi cara untuk menentukan file php mana yang akan digunakan untuk membaca masukan, yaitu dengan mengosongkannya. Perhatikan kode program dibawah

action=""

Jika Anda menggunakan teknik tersebut, maka file php yang bertugas untuk membaca masukan adalah file dirinya sendiri.

Membuat Form Sederhana dengan HTML

Baik, setelah memahami tentang bagaimana konsep form bekerja, selanjutnya mari kita praktekan langsung dengan membuat sebuah form baru. Buatlah sebuah folder baru di htdocs Anda. Beri nama folder tersebut dengan latihanform. Kemudian selanjutnya, buatlah file php baru dengan nama index.php. Pada file index.php tuliskan kode program berikut

1. File index.php

<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <title>Form Sederhana</title>
  </head>
  <form action="proses.php" method="post">
     Usia Anda 
     <input type="text" name="usia"/> 
     <input type="submit" value="Proses" />
  </form>
</html>

Perhatikan pada potongan kode program <input type="text" name="usia"/> . Pada bagain tersebut terlihat bahwa kami menuliskan atribut name dengan isi “usia”. Artinya adalah bahwa untuk membaca masukan dari tag input tersebut kita harus menuliskan $_POST['usia'] pada file php target. Perhatikan juga pada tag form dibagian action, ditulis proses.php, artinya adalah form di file HTML tersebut akan diproses menggunakan file proses.php.

Buka web browser Anda, kemudian tuliskan http://localhost/latihanform pada kotak alamat. Output dari kode html yang ditulis bisa dilihat pada gambar dibawah

Tampilan Form di PHP

2. File proses.php

Selanjtunya silakan buat file baru dengan nama proses.php. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kita akan menggunakan file proses.php untuk memproses data yang dimasukan. Silakan buat file proses.php pada satu folder yang sama dengan index.php. Setelah itu, silakan masukan kode program berikut

<?php 
$usia = $_POST['usia'];
echo "Usia Anda adalah ".$usia;

Pada bagian tersebut bisa kita lihat ada potongan kode program $usia. Potongan kode program tersebut berfungsi untuk membuat sebuah variabel pada PHP. Jadi, variabel di php ditulis dengan didahului oleh tanda dollar.

Kemudian, perhatikan kembali kode program diatas. Disana kami menulis $_POST['usia']. Hal tersebut memiliki fungsi untuk membaca inputan dari kode program sebelumnya. Karena di kode program sebelumnya (file index.php) tertulis <input type="text" name="usia">, maka kita perlu membacanya dengan perintah yang diawali oleh $_POST, yaitu perintah $_POST['usia'].

Selanjutnya buka lagi browser Anda dan tuliskan kembali http://localhost/latihanform . Pada kolom usia, silakan Anda masukan sembarang Anga, kemudian klik tombol proses. Jika berhasil, maka tampilan dari website Anda seharusnya terlihat seperti pada gambar berikut

Video Tutorial

Untuk memudahkan pemahaman Anda, kami telah menyedian video tutorial dari tulisan ini. Silakan untuk menyimaknya.

Kesimpulan

Form merupakan komponen yang penting dalam pemrograman PHP. Pada PHP, form biasanya digunakan sebagai media input. Untuk membuat form, PHP perlu “bantuan” dari alat lain, bantuan tersebut datang dari HTML. Kolaborasi antara PHP dan HTML menjadikan form memiliki fungsi sebagaimana yang diharapkan.

Tentang Prilude Academy

Prilude Academy merupakan lembaga kursus yang saat ini dipriortaskan untuk kursus programming. Lembaga kursus ini tersedia untuk Siswa, Mahasiswa, maupun profesional yang ada di Kota Tasikmalaya. Tutorial ini merupakan bagian dari kursus gratis yang disediakan oleh Prilude Academy. Untuk daftar kursus yang tersedia, Anda bisa mengakses pada halaman kursus di menu atas website. Untuk daftar tutorial gratis lainnya, silakan klik menu Tutorial Gratis pada bagian footer.

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hi, selamat datang di Prilude Academy. Ada yang bisa kami bantu?

Kami siap membantu Anda pada jam kerja :)